.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Sabtu, 18 Juni 2011

Tip menjaga motivasi


Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu anda dalam menjaga motivasi.
1. Mengingat moment-moment keberhasilan anda.
Ingat akan prestasi yang pernah anda buat. Ingat bagaimana and pernah menghadapi sebuah permasalahan yang berat dan anda bisa menyelesaikannya,… Maka ledakanlah beban anda. Biarkan anda kembali berfikir tenang. Anda pemenang, bukan pengecut atau pecundang.

2. Carilah orang yang dapat memberikan motivasi kepada anda.
Terkadang jika kita diam menyendiri, masalah akan terasa lebih berat. Butuh seseorang yang dapat berbagi keluh kesah tentang masalah anda. Bisa saudara, teman, shahabat atau guru/ Ustadz. Secara physikologis jika anda menceritakan masalah anda kepada orang lain, maka secara otomatis anda telah menghilangkan setengah dari beban permasalahan anda.
3. Buatlah catatan saku kecil yang dapat anda bawa kemana-mana.
Catatan ini berisi kata-kata yang bisa memotivasi anda. Ini sekedar mengingatkan anda secara terus menerus agar tetap termotivasi. Catatan ini bisa bersifat sementara. Suatu saat anda akan merasakan jenuh, maka carilah atau buatlah tulisan baru. Saya biasa menuliskan kata-kata dari Kutipan ayat Al-Qur’an, kata-kata Rosulullah SAW, para shahabat, orang-orang terkenal, atau bahkan kata-kata dari seseorang yang tidak dikenal sekalipun oleh saya.
4. Pasanglah tulisan atau gambar yang dapat memotivasi kembali diri anda diruangan anda.
Cara ini biasanya akan lebih baik karena anda akan selalu merasa diingatkan oleh gambar atau tulisan tersebut. Simak aja tulisan Sun Zu ini ”Know your Enemy…” kalimat ini begitu ringkas, hanya 3 kata. Tapi bagi seseorangyang mengalami kebuntuan dalam menghadapi masalah bisa jadi sangat membantu. Kata lainnya mungkin akan difahami menjadi ” Know your problem… & you ’ll find the solution…”
5. Bacalah biografi orang-orang yang sukses, pejuang atau hebat dan terkenal.
Membaca biografi akan memberikan motivasi tersendiri, sebab biasanya dalam biografi banyak diceritakan bahwa dibalik kesuksesan, kehabatan dan keberhasilan sesorang ternyata dia hanyalah manusia biasa seperti halnyaanda yang membaca.
6. Kontemplasi
Bagi muslim biasa menyebutnya dengan bahasa mutaba’ah. Artinya merenung dan mengintropeksi diri. Memahami apa yang telah diperbuat salah atau benar.
7. Bacalah sebuah karya sastra (prosa, puisi, novel dll)
Sebuah karya sastra biasanya memberikan motivasi tersendiri. Seperti halnya jika kita membaca kalimat dari puisi Chairil Anwar ’Aku mau hidup 1000 tahun lagi…’. Shahabat Umar pun menyuruh kepada anaknya membaca syair agar anak-anaknya menjadi pemberani.




Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP