.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Rabu, 10 Agustus 2011

Pemberian Nama Islami Kepada Anak

Jakarta - Tanya:
Assalamu'alaikum pak ustadz. Apakah ada ayat Al-Qur'an atau Hadis yang mengatur tentang pemberian nama pada anak? Lalu apakah diperbolehkan menggabungkan nama Nabi dengan Malaikat seperti nama Muhammad Jibril atau menggabungkan dua nama Nabi seperti Muhammad Yusuf.
Apakah ada nama-nama tertentu dalam Islam yang memang tidak dianjurkan untuk dipergunakan sebagai nama? Terimakasih Wassalamu'alaikum

(Fajriani)
Jawab:
Dalam Kitab Riyadushalihin ada hadis yang menjelaskan tentang keharusan memberikan nama yang baik bagi anak. Boleh saja menggabungkan nama malaikat dan nabi ataupun nama dua nabi. Dalam hadis disebutkan bahwasannya "Nama yang terbaik dimulai dengan nama Abdul dan Muhammad".

Ada seseorang pada zaman Nabi yang bernama Naaro. Kemudian Nabi memerintahkan orang tersebut untuk mengganti namanya karna makna dari nama tesebut negatif (Naaro=neraka), namun orang tersebut enggan mengganti namanya dengan alasan nama tersebut adalah pemberian orang tuanya. Dan kemudian ketika dia pulang kekampunya, maka ia menemukan rumahnya sudah kebakaran. Dari kisah tersebut memberi penjelasan bahwa dilarang memberi nama anak dengan nama yang maknanya negatif.
Wallahua’alam.

(Huzaemah Tahido, Dewan Pakar Pusat Studi al-Qur’an)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP