.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Jumat, 19 Agustus 2011

Nu'aiman dan Laki-laki Tua

Jakarta - Makramah bin Naufal -seorang tua berusia 115 tahun lagi disegani oleh penduduk Madinah- suatu ketika berada di masjid dan hendak membuang air kecil. Tapi karena dia buta, maka kamar kecil tidak ditemukannya.
Nu'aiman melihatnya, lalu mengantar Makramah ke satu tempat dan mempersilakannya memenuhi hajat sambil meinggalkannya. Tempat tersebut bukanlah kamar kecil sehingga orang tua itu dikecam oleh yang melihatnya.

Makramah kemudian mengetahui bahwa yang mengantarnya ke tempat itu adalah Nu'aiman, yang sengaja ingin bergurau dan mempermainkannya. Maka dia bersumpah akan memukul Nu'aiman dengan tongkatnya sekuat tenaga bila ia menemuinya.

Nu'aiman selalu mengelak. Setelah berselang waktu yang cukup lama dan Makhramah pun melupakan kasusnya, Nu'aiman datang lagi kepadanya mengingatkan peristiwa itu sambil berkata: "Engkau ingin memukul Nu'aiman? Itu dia sedang salat,"

Padahal yang salat adalah Utsman bin Affan. Nu'aiman mengantarnya kepada Utsman yang sedang khusuk salat, lalu Makhramah memukulnya hingga terluka. Keluarga Makhramah marah besar terhadap Nu'aiman dan merasa malu kepada Utsman, tetapi Utsman RA meminta mereka tidak mengganggu Nu'aiman, apalagi dia adalah salah seorang yang terlibat bersama Nabi dalam perang pertama umat Islam, yakni perang Badr.

(Sumber buku: Yang Ringan yang Jenaka – M Quraish Shihab)

(Hikayat ini adalah kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)


Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP