.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Selasa, 16 Agustus 2011

Kelalaian Setelah Buang Air Kecil Adalah Penyebab Terbanyak Azab Kubur

Jakarta - Tanya:
Rasulullah bersabda: Kebanyakan azab kubur itu disebabkan oleh (kelalaian membersihkan setelah) buang air kecil (HR.Ahmad). Mohon penjelasan maksud kelalaian seperti apa yang dimaksud hadis tersebut?

(fatdam)

Jawab:
Islam sangat menekankan kesucian, lahir batin. Orang tersebut termasuk orang tidak memperhatikan kesucian lahir. Kelalaian orang itu memiliki dampak.

Pertama, secara fikih bahwa orang tersebut belum bersih dari najis. Najis masih menempel pada bagian anggota tubuhnya. Dampaknya, salat orang itu menjadi tidak sah, karena tidak suci dari najis.

Kedua, ia tidak memiliki kualifikasi manusia yang memelihara kesehatan tubuh, karena najis yang secara kumulatif tidak dibersihkan itu menjadi sumber penyakit.

Ketiga, ia berhubungan dengan isterinya dengan alat kelamin yang tidak bersih dari najis, hal ini berarti ia menularkan sumber penyakit kepada isterinya.

Keempat, jika hasil hubungan seksual itu membuahkan keturunan, maka buah itu diperoleh dengan hubungan yang tidak bersih dari najis. Kesemuanya berdampak negatif yang bersifat kumulatif sehingga masuk akal, jika ia mendapat hukuman yang berat dari Allah.

(Asep Usman Ismail)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP