.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Jumat, 19 Agustus 2011

Sakit Karena Keberatan Nama

Jakarta - Tanya:
Assalamualaikum Pak Ustadz, saya pernah diceritakan nenek, pada waktu masih kecil paman saya sering sakit-sakitan. Menurut yang mengobati, paman saya saat itu sakit-sakitan karena nama yang diberikan untuk paman saya terlalu berat.

Karena itu kakek dan nenek saya sepakat untuk mengganti nama paman saya. Setelah itu, paman saya sembuh dari sakitnya. Yang saya mau tanyakan, apakah benar nama yang diberikan kepada seseorang bisa membuat seseorang menjadi sakit?

(Masita)
Jawab:
Sejauh yang saya tahu, dalam Islam tidak ada hubungan langsung antara nama seseorang dengan kesehatannya. Tidak ada, misalnya, nama-nama tertentu terlalu berat buat seseorang sehingga membuatnya sakit-sakitan. Memang, Nabi SAW pernah mengganti nama cucunya, putra Ali bin Abi Thalib RA, dari Harb menjadi Hasan. Tetapi itu bukan karena keberatan nama, tapi lebih karena nama Harb dipandang berkonotasi negatif, kurang bagus (Harb berarti 'perang', dan Hasan berarti 'baik', 'bagus'). Wallahu a'lam.

(Muhammad Arifin, Dewan Pakar Pusat Studi Al Qur'an)
(Qur'an and Answer merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP