.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Jumat, 19 Agustus 2011

Salat Ketika Adzan Masih Berkumandang

Jakarta -
Tanya:
Assalammualaikum. Saya mempunyai seorang nenek yang alhamdulillah tidak pernah melalaikan salat lima waktu, tetapi beliau selalu melaksanakan salat ketika adzan baru atau masih dikumandangkan. Kami sering mengingatkan beliau tentang hal ini, tetapi sepertinya beliau mengabaikannya. Yang ingin saya tanyakan, apakah salatnya sah? Ada hadis/ayat Al Qur'an yang bisa menjelaskan tentang hal ini?
Terima kasih.

(Dita)
Jawab:
Di dalam QS an-Nisa' (4): 103 disebutkan: Sesungguhnya salat diwajibkan atas orang-orang beriman berdasarkan waktu-waktu tertentu. Salat boleh dilakukan setelah waktunya masuk, baik muadzin sudah selesai mengumandangkan azannya ataupun belum. Tetapi sebaiknya (yang afdhal) menunggu sebentar sambil mengikuti (menjawab) adzan, baru kemudian melaksanakan salat.

Kita disunnahkan untuk menjawab adzan, lalu bershalawat kepada Nabi dan berdoa sesudah adzan seperti yang diajarkan Nabi SAW, "Allahumma rabba hadzihi ad-da'wati at-tamma... dst". Kalau kita langsung salat tanpa menunggu selesainya adzan, kita tidak memperoleh pahala sunnah menjawab azan, tidak juga pahala doa sesudah azan. Wallahu a'lam.

(Muhammad Arifin, Dewan Pakar Pusat Studi Al Qur'an)

(Qur'an and Answer merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP