.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Senin, 15 Agustus 2011

Harus Memakai Sutroh Ketika Salat Berjamaah?

Jakarta - Tanya:
Assalamu'alaikum. Apakah setiap kali salat kita diharuskan menggunakan sutroh yang minimal setinggi pinggang orang dewasa? Bolehkah saya lewat didepan orang yang sedang melakukan salat, karena terkadang saya harus meninggalkan barisan jamaah saat salat tarawih?

(niken)
Jawab:
Sebaiknya, jika kita salat sendiri di masjid atau musala, kita meletakkan sesuatu di depan kita sebagai pembatas atau yang Anda sebut sutroh. Hal itu dimaksudkan agar apabila ada orang yang hendak melintas di depan kita dia tidak dianggap melintas di depan orang yang sedang salat. Sebab, berjalan atau melintas di depan orang yang sedang salat itu dilarang. Soal tingginya tidak mesti setinggi pinggang orang dewasa, yang penting jelas terlihat sebagai pembatas.

Tetapi, apabila kita sebagai makmum yang sedang salat berjamaah, kita tidak perlu meletakkan apa-apa (sutroh) di depan kita. Yang perlu adalah di depan imam. Atas dasar ini pula kita boleh melintas di depan makmum yang sedang berjamaah, apabila kita batal di tengah-tengah salat kita. Apabila kita batal di tengah-tengah salat berjamaah, kita tidak boleh berdiam di tempat itu. Karena keberadaan kita di situ justru memutus shaff salat. Kita harus keluar. Dalam hal ini tidak mengapa kita melintas di depan makmum yang sedang salat. Wallahu a’lam.

(Muhammad Arifin, Dewan Pakar Pusat Studi Al Qur’an)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP