.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Selasa, 09 Agustus 2011

Agar Terasa Dekat ketika Berdoa dan Bermunajat

Jakarta - Tanya:
Assalamu'alaikum , Apa sebaiknya yang harus saya lakukan ketika berdoa sehingga bisa terasa dekat dan bermunajat kepada-NYA?

(Lilik)
Jawab:
Wa'alaikum Salam. Kita memang tidak akan mampu membayangkan wujud Allah. Rasulullah saw. pun berpesan agar kita berpikir tentang ciptaan-Nya (untuk merenungi kemahakuasaan-Nya), dan jangan berpikir tentang Dia.

Untuk dapat merasakan kedekatan dengan Allah, terutama ketika kita berdoa dan bermunajat, renungkanlah nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Dari yang terkecil, hingga yang terbesar. Renungkan pula saat-saat kita sakit atau terkena musibah, lalu kita sembuh atau selamat. Siapa yang menyembuhkan dan menyelamatkan kita?

Renungkan saat-saat kita membutuhkan sesuatu, lalu dengan satu dan lain cara kebutuhan itu pun terpenuhi. Siapa yang memenuhi kebutuhan kita itu?
Yang tidak kalah pentingnya, dalam berdoa hendaknya kita mengerti apa yang kita panjatkan.

Dengan mengerti apa yang kita panjatkan, kita akan terbawa ke dalam suasana dialog dengan Tuhan. Kita seolah-olah sedang berbicara dengan Tuhan. Maka tidak heran kalau banyak orang berdoa sambil meneteskan air mata, karena merasakan betul bahwa Allah mendengar permintaannya, sehingga timbul keyakinan bahwa permintaannya pasti akan dikabulkan. Demikian, wallahu a’lam.

(Muhammad Arifin – Dewan Pakar Pusat Studi Al-Qur’an)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP