.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Rabu, 10 Agustus 2011

Baca Doa Ketika Sujud Terakhir Pada Salat Wajib

akarta - Tanya:
Assalamu'alaikum pak ustadz Bolehkah didalam salat wajib pada sujud akhir dilamakan sambil membaca doa dengan bahasa indonesia dalam hati?

(Bakrie) akarta - Tanya:
Assalamu'alaikum pak ustadz Bolehkah didalam salat wajib pada sujud akhir dilamakan sambil membaca doa dengan bahasa indonesia dalam hati?

(Bakrie)
awab:
Ada hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, dan an-Nasâ’î dari Abû Hurairah, di mana Rasulullah SAW mengatakan, “Sedekat-dekat manusia kepada Tuhannya adalah di waktu dia sujud. Karenanya, perbanyaklah berdoa ketika itu.” Dalam kitab Subul as-Salâm disebutkan bahwa hadits ini menunjukkan disyariatkannya berdoa dalam sujud dengan doa apa saja, entah menyangkut kehidupan duniawi maupun ukhrawi serta memohon perlindungan dari petaka yang terjadi di dunia dan di akhirat.

Sudah tentu, makna dan arti doa sebaiknya dipahami oleh yang berdoa agar permohonan terasa lebih khidmat. Kalau tidak dapat membaca dalam bahasa Arab atau memahaminya, maka boleh berdoa dengan susunan redaksi dalam bahasa sendiri. Insya Allah, Tuhan akan mengabulkannya.

Penulis cenderung membenarkan bahwa kita dibolehkan berdoa dengan doa apa pun—baik yang pernah diajarkan Nabi maupun yang tidak, dalam bahasa Arab maupun bukan dalam bahasa Arab.

(M Quraish Shihab, Dewan Pakar Pusat Studi Al-Qur’an)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP