.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Jumat, 05 Agustus 2011

Haruskah Berpegang Teguh Satu Mazhab?

Tanya:
Assalamua'laikum pak ustadz,wajibkah seorang muslim berpegah teguh dalam satu mazhab?

(Ade) Jawab:
Mazhab pada hakikatnya adalah pemahaman terhadap firman Allah SWT dan hadits Rasul SAW. Pada saat seseorang mengikutinya, pada hakikatnya, dia tidak mengikuti seorang imam mazhab, tetapi dia mengikuti Allah swt. dan Rasul-Nya sebagaimana dipahami oleh imam mazhab itu.

Bagi siapa yang tidak mampu melakukan ijtihad, dia diharapkan melakukan pembahasan dan penilaian atau paling tidak memahami dalil dan alasan mengapa imam mazhab A berpendapat demikian dan imam mazhab B berpendapat berbeda. Selanjutnya, dia memilih mana di antara kedua pendapat yang berbeda itu yang dinilainya memiliki dalil yang lebih kuat. Di sini, yang bersangkutan tidak bertaklid buta, tetapi mengikuti dengan kejelasan.

Tentu saja, orang awam tidak dapat melakukan seperti yang telah diuraikan tadi. Tidak ada jalan lain untuk dia kecuali bertanya kepada yang mengetahui. Dia tidak harus bermazhab tertentu. Jawaban yang diberikan oleh ulama yang mempunyai mazhab atau yang mengikuti salah satu mazhab, itulah yang menjadi pegangan atau mazhabnya. Demikian, wallâhu a‘lam.

(M Quraish Shihab, Dewan pakar Pusat Studi Al-Quran)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

( gst / vit )

Sumber :http://ramadan.detik.com/read/2011/08/04/195828/1696933/1254/haruskah-berpegang-teguh-satu-mazhab

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP