.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Sabtu, 13 Agustus 2011

Mengenai Terpecahnya Menjadi 73 Golongan Islam Ketika Hari Akhir

Jakarta - Tanya:
Assalamualaikum Ustadz. Saya pernah mendengar sebuah paparan tentang sebuah hadis yang menyatakan bahwa kelak Islam akan terpecah menjadi 73 golongan, yang 72 masuk neraka dan hanya 1 yang masuk surga.

Pertanyaannya, siapakan golongan yang 1 itu ? Lantas bagaimana dengan yang 72 golongan, bukankah mereka juga Islam? Dan apakah perpecahan itu sudah terlihat sekarang? Mengingat ada banyak Islam yang mengaku memiliki aliran yang berbeda-beda. Mohon penjelasan Pak Ustadz.

(aditya)
Jawab:
Ada dua riwayat tentang hadis tersebut. Pertama, Islam akan pecah menjadi 73 golongan, hanya satu yang akan masuk surga. Kedua, Islam akan pecah menjadi 73 golongan, semuanya masuk surga kecuali satu golongan. Menurut hemat kami, hadis kedua lebih valid (shahih) dibandingkan hadis pertama. Maksudnya, akan muncul banyak penafsiran tentang Islam, tetapi penafsiran itu dijamin benar sehingga mendatangkan rahmat bagi umat. Umat dapat memilih banyak alternative dalam melakukan ibadah. Salat subuh bisa membaca kunut atau tidak dan seterusnya.

Satu golongan yang tidak akan masuk surga adalah golongan yang berani melawan Allah dan Rasulnya seperti mengubah pokok-pokok agama yang sudah qath'I (pasti) berkenaan dengan Allah, Rasul, Al Qur'an dan Akhirat seperti ketetapan Al Qur'an bahwa Nabi Muhammad SAW adalah penutup nabi dan rasul sehingga tidak ada lagi nabi dan rasul sesudah wafat beliau.

(Asep Usman Ismail)

(Qur'an and Answer merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)


Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP