.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Kamis, 04 Agustus 2011

Semua Setan Dibelenggu Pada Bulan Puasa?

Jakarta - Tanya:
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Setan apa yang disebut hadis di kurung pada bulan puasa? sedangkan manusia masih mendapati banyak godaan.

(Kamal)Jawab:
Hadis Nabi SAW. yang menyatakan: “Apabila bulan puasa tiba, maka terbuka pintu-pintu surga, tertutup pintu-pintu neraka, dan setan-setan terbelengu,” dapat dipahami dalam pengertian majazi dan dapat juga secara hakiki.

Dalam pengertian majazi hadis tersebut mengandung makna bahwa bulan puasa adalah bulan ibadah dan pendekatan diri kepada Allah. Di dalamnya Allah melimpahkan ganjaran yang luar biasa serta membuka pintu-pintu ampunan-Nya.Dengan sedikit amal saja, manusia dapat memeroleh ganjaran yang banyak dan ini mengantarnya ke surga sehingga surga dalam bulan itu bagaikan selalu terbuka, neraka—karena banyaknya pengampunan Allah—bagaikan tertutup, dan setan-setan karena kesadaran manusia begitu tinggi, bagaikan terbelenggu.

Jika hadis tersebut dipahami secara hakiki, maka kita dapat berkata bahwa kedurhakaan mucul akibat godaan setan dan rayuan nafsu. Di bulan puasa, memang setan terbelenggu, tetapi ada orang-orang yang hawa nafsunya tidak terkendali, mereka itulah yang melakukan kedurhakaan.

Ulama-ulama menjelaskan bahwa ada perbedaan antara godaan setan dan rayuan nafsu. Setan menggoda dengan tujuan merugikan manusia, atau paling tidak menjadikannya tidak beruntung.

Karena itu setan dapat mengubah rayuannya jika dia gagal dalam rayuan pertama. Ini berbeda dengan nafsu yang hanya ingin memuaskan dirinya, sehingga bila dia mengingkan sesuatu, dia tidak akan mengubahkan dan terus mendesak hingga keingianannya tercapai. Demikian, wallahu a'lam.

(M Quraish Shihab)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)


Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP