.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Kamis, 11 Agustus 2011

Bolehkah Melaksanakan Akikah Untuk Diri Sendiri?

Jakarta - Tanya:
Assalamu'alaikum Pak Quraish Shihab, Orangtua saya sudah melaksanakan Qurban, tapi mereka belum di akikahkan oleh almarhum kakek-nenek saya. Apakah kewajiban akikah gugur karena sudah qurban? ataukah harus mengakikah diri sendiri?. Mohon penjelasannya, wassalamu'alaikum

(setiya)
Jawab:
Aqîqah atau menyembelih binatang (kambing) menyambut kelahiran bayi diperselisihkan hukumnya oleh ulama. Hal yang disepakati adalah akikah bukan wajib. Ia hanya dinilai sunnah atau anjuran oleh mayoritas ulama.

Dalam mazhab Abû Hanîfah, sunnah pun tidak karena dalam pandangan ulama mazhab ini, menyembelih hewan kurban pada Idul Adha dan tiga hari sesudahnya telah membatalkan anjuran Nabi SAW untuk melaksanakan akikah.

Namun, mazhab Abû Hanîfah tidak melarang apalagi menilai haram atau makruh menyembelih binatang sebagai tanda syukur menyambut kelahiran seorang anak. Dalam pandangan mazhab Mâlik, hewan yang disembelih adalah seekor kambing, baik yang lahir lelaki maupun perempuan dengan alasan riwayat dari sahabat Nabi SAW, Ibnu ‘Abbas, bahwa Rasul saw. mengakikahkan kedua cucu beliau—Hasan dan Husain—dengan seekor kambing.

Mazhab Syâfi‘î dan Hanbalî menganjurkan menyembelih dua ekor kambing bila anak yang lahir laki-laki dan seekor bila perempuan. Itu sebaiknya dilaksanakan pada hari ketujuh, tetapi tidak ada halangan melaksanakannya sebelum maupun sesudah hari ketujuh dari kelahiran anak itu selama anak itu belum balig.

Demikian pandangan ketiga mazhab. Mazhab Hanbalî membolehkan
melaksanakan akikah oleh yang bersangkutan sendiri walau setelah dia
dewasa karena dalam pandangan ulama-ulamanya, tidak ada batas
waktu bagi pelaksanaannya.

(M Quraish Shihab)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP