.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Kamis, 11 Agustus 2011

Keistimewaan Umat Nabi Muhammad

Jakarta - Tanya:
Kita sering membaca dan mendengar umat nabi Sebelum nabi Muhammad SAW yang dimusnahkan karena dosa yang dilakukannya. Mohon dijelaskan apa keistimewaan umat Nabi Muhammad yang menyebabkan tidak dimusnahkan seperti umat terdahulu dimana banyak dosa yang hampir sama dilakukan dengan umat sebelum Nabi Muhammad SAW. Terima kasih

(Ubaidillah)

Jawab:
Allah menghormati reputasi kepribadian dan kepemimpinan Nabi Muhammad saw. Missi kerasulan beliau untuk membawa rahmat bagi semesta alam. Kata kuncinya adalah rahmat bagi seluruh umat manusia. Akibatnya, umat Nabi Muhammad saw memilki beberapa keunggulan yang bersumber dari reputasi kepribadian dan kerasulan beliau.

Pertama, Allah menururnkan Al-Qur`an yang berlaku hingga hari kiamat. Orang yang beriman kepada Al-Qur`an meskipun tidak berjumpa dengan Rasul tetap akan mendapat keselamatan.

Kedua, di dalam Al-Qur`an ditekankan bahwa Rasul berfungsi sebagai pembawa kabar gembira (basyiran) dan pembawa peringatan (nadziran). Berita gembira yang melahirkan sikap optimis jauh lebih kuat dan dominan dibandingkan berita yang bersifat ancaman dengan menghancurkan seperti umat terdahulu.

Ketiga, janji Allah kepada Nabi Muhammad saw di dalam hadits Qudsi yang lebih mendahulukan kasih saying dibandingkan dengan murka (sabaqat rahmati ghadhabi). Keempat, memberikan kesempatan untuk sadar dan tobat sebelum kematian tiba dengan catatan perlu ada yang terus memperjuangkan da’wah. Hal ini, jika tidak mendapat respon positif dari umat, maka mereka berarti sudah siap menghadapi hukuman Allah di akhirat.
Demikian, Wallahu A’alam.

(Asep Usman Ismail)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP