.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Kamis, 11 Agustus 2011

Surga Yang Ditempati Nabi Adam Dahulu Sama Dengan Surga Nanti Hari Pembalasan?

Jakarta - Tanya:
Assalamualaikum. Dalam surah al-baqarah ayat 30,terjadi dialog Allah dengan para malaikat tentang penciptaan kalifah di muka bumi.dimana malaikat mengatakan bahwa mereka nantinya akan membuat kerusakan dan menumpah darah,dan ayat 35 tentang adam dan istrinya mendiami surga sblm di turunkan ke bumi.Yang ingin di tanyakan:

1.Apakah sebelum Adam di turunkan ke bumi,telah ada yang mendiami bumi ini
2.Apakah surga yang pernah di tempati Adam sama dengan surga nanti di hari pembalasan

(Dani)

Jawab:
1.Pertanyaan malaikat kepada Allah seperti terdapat pada QS al-Baqarah [2]: 30 bisa jadi karena mereka, para malaikat itu, menduga bahwa khalifah ini akan merusak dan menumpahkan darah. Dugaan itu mungkin berdasarkan pengalaman mereka sebelum terciptanya manusia, di mana ada makhluk yang berlaku demikian. Atau bisa jadi juga berdasar asumsi bahwa karena yang akan ditugaskan mejadi khalifah bukan malaikat, pasti makhluk itu berbeda dengan mereka yang selalu bertasbih menyucikan Allah.

2.Ada yang berpendapat bahwa surga yang ditempati Nabi Adam adalah surga tempat mendapat ganjaran kelak di hari Kiamat. Ada juga yang berpendapat bahwa surga itu ada di bumi ini, bukan yang kelak akan didiami oleh mereka yang taat kepada Allah. Di mana pun “surga” atau “kebun” itu tidaklah menjadi persoalan yang penting karena bukan itu yang menjadi tujuan pemaparan kisah dalam ayat ini.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat merujuk Tafsir Al-Mishbah karya M Quraish Shihab, volume 1, halaman 171 – 189. Wallahu a’lam.

(Muhammad Arifin, Dewan Pakar Pusat Studi Al-Qur’an)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP