.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Selasa, 09 Agustus 2011

Penjelasan Langit dan Bumi Dalam Al-Qur'an

Jakarta - Tanya:
Dalam al-Qur'an, langit di ulang ulang beberapa kali dan digandengkan dengan bumi.Dalam astronomi langit yg diketahu awam adalah lengkungan warna biru separuh bola. Perlu kita ketahui pemandangan tersebut hanya permainan cahaya dari matahari terhadap bumi. Ada yg mengatakan langit adalah tempat benda benda langit berada. Bagaimana dengan 7 lapis langit?

(achmad)
Jawab:
Langit dapat diartikan secara sederhana sebagai ruang angkasa. Dari sini dapat dipahami bahwa ruang angkasa/langit terus berkembang meluas dalam kecepatan tertentu (QS. adz-Dzâriyât [51]: 47).

Tentang tujuh langit, para ulama dan ilmuwan memiliki perspektif yang berbeda-beda. Dalam pandangan al-Qur’an kata tujuh tidak harus dimaknai angka di atas enam di bawah delapan, namun dapat berarti "banyak".

Contoh QS Luqman [31]: 27. Maka pengertian “tujuh langit bertingkat-tingkat” bisa dimaknai jumlah benda langit dari atmosfer sampai galaksi terjauh di alam semesta yang jumlahnya sangat banyak dan jarak yang berbeda-beda. Demikian, wallahu a’lam.

(M Ali Nurdin)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP