Bismil laahir rahmaanir rahiim
5 Cara sederhana untuk bahagia: 1. Bebaskan hati dari rasa benci; 2. Bebaskan pikiran dari rasa kuatir; 3. Hidup sederhana; 4. Lebih banyak memberi; 5. Lebih sedikit berharap; Selamat berbahagia Saudaraku... :-)

Kata Mutiara hari ini :

* Bukan karena hari ini indah lantas kita bahagia, tapi karena kita bahagia maka hari ini menjadi Indah. * Bukan karena tak ada rintangan lalu kita optimis, tapi karena kita optimis maka rintangan jadi tak ada. * Bukan karena mudah trus kita yakin bisa, tapi karena kita yakin bisa maka semua jadi mudah. * Bukan karena semua baik lalu kita tersenyum, tapi karena kita tersenyum maka semua menjadi baik. :-)

Selasa, 09 Agustus 2011

Pengertian Takdir Menurut Islam

Jakarta - Tanya:
Rezeki, kelahiran, kematian, jodoh adalah takdir. Apabila jodoh merupakan takdir dan saya pernah mendengar bahwa sebenarnya jodoh itu bisa di usahakan sama seperti rezeki, apakah takdir itu dapat kita ubah? Apa sebenarnya pengertian takdir secara Islam?

(Ida)
Jawab:
Rezeki, jodoh, dan usia adalah takdir Tuhan. Yang demikian itu benar, tetapi bukan hanya itu. Segala sesuatu ada takdirnya. Allah Yang Menciptakan segala sesuatu lalu Dia menetapkan atasnya qadr atau ketetapan dengan sesempurna-sempurnanya (QS. al-Furqan/25: 2).

Allah telah menetapkan bagi segala sesuatu ketetapan (QS. ath-Thalaq/65: 3). Banyak sekali ayat al-Qur'an yang mengulang hakikat tersebut. Walhasil, segala sesuatu termasuk manusia ada takdir yang ditetapkan Allah atasnya. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dari sisi kejadiannya, berada dalam kadar atau ukuran tertentu dan pada tempat dan waktu tertentu. Itulah yang dinamai takdir atau qadr. Tidak ada sesuatu yang tanpa takdir, termasuk terhadap manusia.

Kata takdir terambil dari kata qaddara yang berasal dari akar kata qadara yang, antara lain, berarti mengukur, memberi kadar atau ukuran sehingga takdir adalah yang memberi kadar/ukuran/batas-batas tertentu dalam diri, sifat, dan kemampuan maksimal, bagi setiap makhluk-Nya.

Namun demikian, manusia tetap diberi kemampuan memilih yang mana di antara ukuran-ukuran yang ditetapkan Tuhan itu yang dapat diambil.

(M Quraish Shihab)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

About This Blog

Selamat datang di website pribadiku…

Blog ini aku buat sebagai sarana untuk mengekpresikan diri di dunia online.

Fungsi utama dari blog ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang bermanfaat buat diriku sendiri pada khususnya dan rekan rekan pengunjung pada umumnya.

Isi dari blog ini aku sarikan dari beberepa link atau beberapa peristiwa, terkadang juga dari beberapa materi yang sedang aku pelajari dan analisa dengan harapan akan bermanfaat dan selalu dapat dilihat dimanapun kita berada.

Bagi rekan rekan dan pengunjung yang kurang berkenan dengan isi serta materi yang terpasang pada website pribadiku ini, sebelum dan sesudah nya mohon maaf dan mohon dibukakan pintu maaf yang seluas luasnya serta mohon diijinkan untuk mengcopy paste materi atau mempostingkannya sehingga bermanfaat buat kita semua.

Saran dan kritik secara pribadi dapat dikirimkan via :

Email : selo77ss@yahoo.com


Terima kasih.


Salam

-ss-

BINA SARANA INFORMATIKA

Majelisrasulullah.org

Pengikut

STMIK NUSA MANDIRI

Ilmu Komputer.com

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP