.

.

.

.
Bismillahirrahmanirrahim...

Rabu, 10 Agustus 2011

Menanyakan Tafsir Surah at-Tahrim

Jakarta - Tanya:
Assalamualaikum ustadz saya ingin menanyakan tafsir surat At Tahrim ayat 1-2 ada yang halal tapi di haramkan sama Nabi dan ditegur oleh Allah?.Kemudian terlepas Sumpah oleh Nabi tapi oleh Allah boleh dicabut..
1.Bagaimanakah Asbabun Nuzul surat tersebut ?
2.Apa boleh sumpah atas nama Alloh itu dicabut?

(Anton)
Jawab:

1.Mayoritas ulama Tafsir menyebut asbabunnuzul surah ini adalah peristiwa ketika beliau meminum madu di rumah salah seorang istri beliau, Zainab Binti Jahsy. Keberadaan beliau di rumah Zainab yg relatif lama telah menimbulkan kecemburuan bagi Aisyah dan Hafshah. Keduanya bersepakat apabila Nabi SAW mengunjungi mereka, maka mereka akan menyampaikan bahwa ada aroma kurang sedap dari mulut beliau. Ketika benar Nabi mengunjungi Hafshoh dan hafshoh menyampaikan hal tersebut Nabi menyatakan bahwa beliau hanya meminum madu. Kemudian demi menyenangkan Hafshoh dan Aisyah Nabi berjanji tdk akan lagi meminum madu. Maka turunlah surah ini.

2. Tentang ucapan Nabi para mufasir berbeda pendapat: ada yg menilainya sebagai sumpah ada juga yg menilainya bukan sumpah. Yang menilai sebagi sumpah pun berbeda tentang apakah Nabi SAW membatalkan sumpahnya atau tidak. Ada yang menilai Nabi tidak membatalkan sumpahnya dengan alasan Allah telah mengampuni, seperti dalam penutup ayat pertama. Ada juga yang berpendapat bahwa beliau menebus sumpahnya itu dengan memerdekakan hamba sahaya seperti yang disebut dalam surah al Maidah/5: 89. Wallahu a'lam

(M Ali Nurdin – Dewan Pakar Pusat Studi al-Qur’an)

(Qur'an and Answer ini merupakan kerja sama detikcom dengan www.alifmagz.com)

Sumber : Detik Ramadhan

Tidak ada komentar:

SMK 1 SEMARANG

NU Online

BINA SARANA INFORMATIKA

Arrahmah.co.id

STMIK NUSA MANDIRI

Pusat Kajian Hadis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP